Litosfer

Advertisements

Pernah tidak kalian merasa sebenarnya bumi yang anda pijaki merupakan bagian dari litosfer? pasti kan timbul pertanyaan apa itu litosfer? kali ini kita akan memperlajari apa itu Litosfer.

Pengertian Litosfer​

Litosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu lithos artinya batuan dan sphera artinya lapisan, Secara harfiah, litosfer berarti lapisan yang terdiri dari batuan. Lapisan ini mencakup kerak bumi hingga mantel bagian atas.

Karakteristik Litosfer​ (Lapisan Bumi)

Kita tahu makna litosfer selanjutnya kita akan mempelajari struktur lapisan bumi. Secara umum, bumi dibagi menjadi 3 lapisan utama yaitu:

Advertisements
karakteristik lapisan bumi
Karakteristik Lapisan Bumi

Kerak Bumi (Crust)

Kerak bumi adalah lapisan bumi paling luar, paling dingin dan keras dari bagian-bagian bumi lainnya. Lapisan ini memiliki ketebalan berkisar 5- 70 km (± 3-44 mil). Kerak bumi termasuk bagian paling tipis, bahkan hanya 1% dari keseluruhan volume bumi. Kerak bumi terbagi menjadi dua bagian, yakni kerak samudera (oceanic crust) dan kerak benua (continental crust).

lempeng benua dan samudera
Lempeng Benua dan Samudera

Kerak Benua (continental crust)

Lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 35-70 km, kerak benua yang terdiri dari batuan kristalin dan sedimen granitik yang kaya akan Si (silika) dan Al (alumunium).  Lapisan sial, yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas unsur silikon dan alumunium, termasuk senyawanya dalam bentuk SiO2 dan Al2O3. Lapisan ini, antara lain terdapat batuan sedimen, granit, andesit dan jenis-jenis batuan metamorf. Lapisan sial memiliki kepadatan lebih rendah dan kaku.

Kerak Samudera (oceanic crust)

Kerak samudra yang hanya 5-7 km, Walaupun kerak samudra lebih tipis, densitasnya lebih tinggi karena terdiri dari batuan berkomposisi basaltik yang kaya akan Si (silika) dan Mg (magnesium). Lapisan sima, yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas unsur-unsur silikon dan magnesium dalambentuk senyawa SiO2 dan MgO. Lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar daripada lapisan-lapisan sial karena mengandung mineral feromagnesium dan batuan basalt. Lapisan sima kepadatan lebih tinggi dari pada sial dan bersifat elastis.

Advertisements

Mantel Bumi/Perantara (Mantle)

Lapisan mantel terdiri dari astenosfer dan mesosfer. Astenosfer sendiri memiliki ketebalan 700 Km Lapisan ini merupakan bahan cair bersuhu tinggi dan berpijar dan Mesosfer memiliki ketebalan 2900 Km. Lapisan mantel didominasi oleh material silika.

lapisan mantel/perantara
Lapisan Mantel/Perantara

Inti Bumi/Barisfer (Core)

Barisfer yaitu lapisan inti bumi dan merupakan bahan padat yang tersusun dari lapisan nikel dan besi. Lapisan ini dibedakan menjadi dua, yaitu inti luar (outer core) dan inti dalam (inner core).

lapisan intin/barisfer
Lapisan Inti/Barisfer

Inti Luar

Inti bumi yang berada di bagian luar (outer core), diduga berwujud cair sebab lapisan ini tidak dapat dilalui oleh gelombang sekunder.

Inti Dalam

Inti dalam adalah inti bumi yang berada dilapisan dalam (inner core) diduga berwujud padat, tersusun dari materi berupa besi atau besi dan nikel (nife).

VIDEO INTERAKTIF LITOSFER

Video Interaktif Berisikan materi serta latihan soal didalam video dengan berbagai jenis pengerjaan soal Berikut Video Interaktif yang dapat dicoba untuk belajar materi dan latihan!

ELKPD KELAS 10 MATERI KARAKTERISTIK LAPISAN BUMI

INTERACTIVE BOOK LITOSFER

Advertisements