Aspek Geografi

Advertisements

Aspek Geografi dan Objek Geografi

Aspek geografi adalah suatu penginterpretasian dan gagasan serta hal-hal yang dipertimbangkan dalam kajian ilmu geografi. Aspek Geografi terbagi menjadi dua aspek, Aspek Fisik dan Aspek Sosial. Aspek Fisik, adalah aspek yang mengkaji segala fenomena geosfer yang memengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Aspek Sosial adalah aspek yang mengkaji hubungan manusia dengan fenomena geosfer. Aspek sosial meliputi aspek politik, antropologis, ekonomis dan aspek berhubungan dengan pola hidup manusia (kebudayaan).

Objek Geografi adalah dasar dalam pembelajaran Geografi. Objek Geografi dibagi menjadi objek material dan objek formal. Objek Material terdiri dari Objek fisik seperti atmosfer, hidrosfer, litosfer, dan biosfer. Objek non fisik berarti terdiri dari antroposfer. Objek kajian geografi sangat luas (objek material) mencakup aspek fisik (lingkungan fisik), aspek manusia, serta hubungan manusia dengan lingkungan. Objek material geografi dapat mengenai permukiman, desa, kota, pariwisata, daerah aliran sungai, bentuk lahan, bentang darat, sumber daya, industri, kependudukan, wilayah atau region, iklim, tanah, air, dan masih banyak lagi. Secara ringkas, objek material geografi meliputi gejala-gejala yang terdapat dan terjadi di permukaan bumi. Objek formal geografi adalah cara memandang dan cara berpikir terhadap objek material tersebut dari segi geografi, yaitu segi keruangan  kelingkungan, dan kompleks wilayah. Oleh sebab itu, geografi sebagai ilmu lebih dicirikan oleh objek formalnya dan metode pendekatan daripada objek materialnya. Berikut penjelasan aspek geografi:

1. Aspek Fisik

Aspek Geografi Aspek Fisik
Aspek Fisik

Aspek Fisik mengkaji unsur-unsur geosfer yang bersifat fisik anatara lain meliputi aspek topologi, aspek biotik dan nonbiotik. Aspek fisik merupakan seluruh kenampakan fisik yang ada di permukaan bumi. Aspek fisik dibedakan menjadi tiga, yaitu:

Advertisements

a. Aspek Topologi

Pembahasan aspek topologi yaitu meliputi unsur Letak geografis, Batas wilayah, luas dan bentuk muka bumi (morfologi) dari suatu wilayah/daerah.

b. Aspek Biotik
Aspek biotik merupakan aspek geografi yang mengkaji karakter fisik manusia, hewan dan tumbuhan.

Advertisements

c. Aspek non biotik
Aspek non biotik merupakan aspek geografi yang membahas tanah, air dan iklim. Contohnya : air laut dan air sungai.

2. Aspek Sosial

Aspek Sosial geografi
Aspek Sosial

Aspek Sosial geografi mengkaji tentang manusia dan segala aktivitasnya seperti aspek budaya, ekonomi, sosial dan politik.

a) Aspek Sosial
Aspek Sosial meliputi unsur tradisi, adatistiadat, komunitas, kelompok masyarakat, dan lembaga-lembaga sosial.

b) Aspek Ekonomi
Aspek ekonomi yaitu aspek yang membahas tentang pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi, dan pasar.

c) Aspek Budaya
Aspek Budaya yaitu aspek yang membahas tentang pendidikan, agama, bahasa, dan kesenian.

d) Aspek Politik
Aspek Politik yaitu aspek yang membahas pemerintahan dan

Penjelasan tentang aspek geografi silahkan tonton video berikut:

Advertisements