Cabang Ilmu Geografi

Advertisements

Cabang Ilmu Geografi

Luasnya ruang lingkup geografi menimbulkan kebutuhan spesialisasi. Oleh karena itu, munculah cabang ilmu geografi yang mendukung, yaitu sebagai berikut.

Cabang Ilmu Geografi
Cabang Ilmu Geografi

Meteorologi

Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari masalah atmosfer, misalnya,suhu, udara, cuaca, angin, dan berbagai sifat fisika dan kimia atmosferlainnya.

Klimatologi

Klimatologi adalah ilmu yang menyelidiki masalah iklim.

Astronomi

Astronomi, adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luaratmosfer bumi, misalnya, matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa.

Advertisements

Geologi

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan,terutama batu- batuannya, misalnya, sejarah kejadian, komposisi,struktur, dan proses perkembangan batuan.

Geomorfologi

Geomorfologi (morfo artinya bentuk) adalah ilmu yang mempelajaritentang bentuk muka bumi dan segala proses yang menghasilkanbentuk-bentuk tersebut.

Ilmu tanah

Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari tanah-tanah secarakeseluruhan, mencakup sifat fisik dan kimia tanah, struktur tanah,persebaran jenis tanah, dan sebagainya.

Advertisements

Hidrografi / Hidrologi

Hidrografi/hidrologi (hidro artinya air) adalah ilmu yang berhubungandengan pencatatan, survei, serta pemetaan siklus air (tawar) yang ada dikerak bumi, baik yang berada di permukaan maupun yang ada di dalam kerak bumi, mencakup di dalamnya pola distribusi, sifat-sifat, dan karakteristik air.

Turunan dari hidrologi, antara lain :

  • Imnologi (mempelajari tentang danau)
  • Hidrometeorologi (mempelajari kondisi air di udara)
  • hidrologi fluvial (sungai)
  • groundwater hidrology (hidrologi air tanah)

Oseanografi

Oseanografi (ocean artinya laut) adalah ilmu yang mempelajari tentangsifat fisik dan sifat kimia kelautan. Sifat fisik meliputi arus laut,gelombang, dan suhu air laut. Sifat kimia meliputi salinitas dankeasaman air laut. Kedua sifat tersebut berpengaruh terhadapekosistem dan pemanfaatan laut.

Ekologi

Ekologi adalah ilmu tentang lingkungan hidup, mencakup di dalamnya hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya.

Biogeografi

Biogeografi (bio artinya hidup) adalah ilmu yang mempelajari tentang faktor-faktor alam yang memengaruhi penyebaran makhluk hidup.

Geografi Manusia

Geografi manusia adalah ilmu yang mengkaji tentang aspek sosial, ekonomi, dan penduduk.

Geografi Politik

Geografi politik adalah ilmu yang mempelajari tentang negara yang ditinjau dari sudut pandang letak negara tersebut di muka bumi, sehingga dapat diketahui kondisi alamnya, karakteristik penduduknya, dan dasar-dasar pengambilan kebijakan politik dari negara tersebut.

Geofisika

Geofisika adalah ilmu yang mengkaji sifat-sifat bumi (bagian dalam)dengan metode atau teknik fisika, misalnya dalam mengkaji gempabumi, gravitasi, dan medan magnet.

Geografi Penduduk

Geografi penduduk adalah ilmu yang mengkaji tentang penduduk dan kaitannya dengan pengaruh lingkungan hidupnya sehingga dapat menampilkan karakter dan sosial-budaya yang beranekaragam.

Geografi Ekonomi

Geografi ekonomi adalah ilmu yang khusus mempelajari tentang ekonomi penduduk meliputi distribusi perekonomian pendudukyang dipengaruhi oleh kondisi alam.

Antropogeografi

Antropogeografi adalah ilmu yang mempelajari persebaran bangsa- bangsa di muka bumi dilihat dari sudut pandang geografis, disebut juga etnografi.

Paleontologi

Paleontologi adalah ilmu tentang fosil-fosil dari bentuk kehidupan dimasa purba yang berada di bawah lapisan-lapisan bumi.

Geografi Regional

Geografi regional merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari kawasan tertentu secara khusus, misalnya, geografi Timur Tengah dangeografi Asia Tenggara.

Geografi Fisik

Geografi fisik adalah cabang ilmu geografi yang mengkaji bentuk dan struktur permukaan bumi.

Geografi Matematik

Geografi matematik adalah cabang ilmu geografi yang dapat digunakanuntuk memperlihatkan bentuk, ukuran, dan gerakan bumi, misalnya,lintang dan bujur geografi, meridian, paralel, dan luas permukaan bumi.

Geografi Historis

Geografi historis adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari bumi ditinjau dari sudut sejarah dan perkembangannya.

Advertisements