Galaksi

Advertisements

Pengertian Galaksi

galaksi
Galaksi

Galaksi adalah kumpulan dari planet, bintang, gas, debu, nebula, dan benda langit lainnya. Diperkirakan jarak antar galaksi ini rata –rata lebih dari satu juta tahun cahaya.

Jenis galaksi berdasarkan bentuknya:

Galaksi Spiral

Anggota galaksi spiral terdiri atas bintang-bintang tua dan muda. Bintang-bintang tua terdapat pada kumpulan bintang-bintang yang berjumlah ratusan dan berbentuk bola (gugus bola). Bintang-bintang muda terdapat di lengan spiral galaksi yang berada di bidang galaksi. Galaksi spiral berotasi dengan cepat sehingga membuat galaksi ini memipih dan membentuk bidang galaksi. Contoh dari galaksi tipe ini adalah galaksi Andromeda dan galaksi Bimasakti.

galaksi spiral
Galaksi Spiral

Galaksi Spiral Berpalang

Galaksi ini memiliki lengan yang keluar dari bagian ujung suatu pusat. Tonjolan galaksi ini sebenarnya memanjang dan berisi miliaran bintang. Sekitar 30% galaksi di jagad raya ini berbentuk spiral berbatang.

Advertisements
Galaksi Spiral Berpalang

Galaksi Elips

Galaksi yang termasuk dalam tipe elips ini mulai dari galaksi yang berbentuk bundar sampai galaksi yang berbentuk bola pepat. Contoh galaksi tipe ini adalah galaksi M87, yaitu galaksi elips raksasa yang terdapat di Rasi Virgo.

galaksi elips
Galaksi Elips

Galaksi Tak Beraturan

Galaksi Tak Beraturan tidak memiliki bentuk khusus. Anggota dari galaksi tipe ini terdiri atas bintang-bintang tua dan muda. Contoh dari galaksi tipe ini adalah Awan Magellan Besar dan Awan Magellan Kecil. Galaksi tak beraturan ini banyak mengandung materi antar-bintang yang terdiri atas gas dan debu-debu.

galaksi tidak beraturan
Galaksi Tak Beraturan

Galaksi Yang Sudah Dikenali

Alam semesta memiliki berbagai macam galaksi, berikut ini beberapa galaksi yang sudah dikenali:

Advertisements

Galaksi Bima Sakti

Galaksi Bimasakti di temukan pada 18 juli 1783, oleh seorang astronom inggris William Hershel. Galaksi Bimasakti terdiri dari 400 milyar bintang, dengan garis tengah sekitar 130.00 tahun cahaya (1 tahun cahaya sama dengan 9.500 milyar kilometer). Galaksi Bimasakti merupakan rumah bagi matahari kita beserta planet-planet yang mengelilinginya.

Galaksi Magellan

Galaksi Magellan adalah galaksi yang paling dekat dengan galaki Bimasakti. Jaraknya kurang lebih 150.00 tahun cahaya dan berada di belahan langit selatan. Galaksi ini memiliki bentuk tak beraturan.

Galaksi Ursa Mayor

Galaksi Ursa Mayor berjarak 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi Bimasakti. Galaksi ini mempunyai bentuk elips dan rapat

Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda dikategorikan sebagai galaksi raksasa karena memiliki diamter sekitar 200 ribu tahun cahaya atau dua kali lebih besar dari galaksi Bimasakti. Andromeda memiliki massa 300 sampai 400 bilion kali masa matahari. Bentuknya yang bulat khas dan ukurannya yang besar membuat galaksi ini mudah diamati dengan menggunakan teleskop sederhana. Galaksi Andromeda berjarak 2,5 tahun cahaya dari galaksi Bimasakti.

Galaksi Jauh

Galaksi ini terletak lebih dari 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi Bimasakti, dan termasuk galaksi jauh. Contoh galaksi jauh lainnya yaitu galaksi Silvery, Triangulum, Dan Whipool.

Galaksi Black Eye

Pada tahun 1781 seorang astronom Prancis, Charles Messier menemukan sebuah galaksi  dengan sifat yang aneh yaitu memiliki cincin kabut dan berwarna gelap. Cincin kabut tersebut mengelilingi intinya yang terang benerang, karena tampak seperti mata manusia, Messier memberi nama galaksi tersebut Black Eye. Galaksi ini termasuk galaksi spiral dengan lengan seperti belalai yang menjulur dari inti yang terang. Jarak galaksi  Black Eye dari Bimasakti sekitar 17 juta tahun cahaya.

Advertisements