Publikasi Penelitian Geografi

Advertisements

Publikasi Penelitian Geografi

Langkah-langkah Publikasi penelitian geografi dapat disusun sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

  1. Pada dasarnya berisikan argumentasi mengapa topik penelitian ini penting untuk dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. Artinya penting secara akademik (teoritik) dan/atau penting untuk memecahkan masalah (problem solving) yang dihadapi.
  2. Oleh karena itu harus dibangun dalam argumen yang jelas dan didukung oleh data dalam setiap pointnya serta ditunjukkan bagaimana masalah itu terintegrasi secara konseptual.
  3. Latar belakang sebaiknya memuat argumen bersifat akademik (review teoritik) atau review hasil-hasil penelitian sebelumnya) dengan menyertakan alasan-alasan praktis kenapa penelitian ini penting dilakukan.
Tahap Penyusunan Laporan Penelitian
Tahap Penyusunan Laporan Penelitian Geografi

Rumusan Masalah

  1. Merupakan elemen yang paling penting dalam research design;
  2. Merupakan starting point untuk masuk dalam masalah research yang akan dilakukan;
  3. Oleh karena pertanyaan penelitian merupakan yang paling esensial, maka harus dirumuskan dengan jelas dan padat.

Tujuan Penelitian

  1. Tujuan penelitian pada dasarnya merupakan hal spesifik yang diinginkan dari kegiatan penelitian berdasarkan rumusan masalah. Jadi harus ada konsistensi antara rumusan masalah, tujuan penelitian dan kesimpulan.
  2. Tujuan penelitian merupakan goal dari sebuah penelitian itu dilakukan untuk mendapatkan/mendapatkan hasil seperti apa.

Manfaat Penelitian

Keuntungan atau potensi yang bisa diperoleh oleh pihak-pihak tertentu setelah penelitian kamu selesai. Pada umumnya, manfaat penelitian dibagi menjadi dua yaitu manfaat teoritis atau akademis dan manfaat praktis

BAB II LANDASAN TEORI

Teori yang digunakan dalam penelitian

Sebuah konsep dengan pernyataan yang tertata rapi dan sistematis memiliki variabel dalam penelitian karena landasan teori menjadi landasan yang kuat dalam penelitian yang akan dilakukan

Advertisements

Pembuatan landasan teori di era digital dan keterbukaan informasi seperti ini sangat membantu dalam menulis, silahkan gunakan GOOGLE CENDEKIA banyak referensi yang dapat dimanfaatkan dalam menyusun landasan teori.

BAB III METODE PENELITIAN

Lokasi Penelitian

Tempat dimana peneliti memperoleh informasi mengenai data yang diperlukan.

Jenis Penelitian

Jabarkan jenis penelitian geografi yang dilakukan misal penelitian kuantitaif, kualitatif atau campuran.

Advertisements

Populasi dan Sampel Penelitian

Jelaskan populasi dan sampel yang anda lakukan dalam penelitian geografi tersebut.

Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data merupakan cara yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan datadata penelitian dari sumber data (subyek maupun sampel penelitian). Teknik pengumpulan data merupakan suatu kewajiban, karena teknik pengumpulan data ini nantinya digunakan sebagai dasar untuk menyusun instrumen penelitian.

Analisis Data

Pada bagian ini peneliti menjelaskan cara analisis data yang didapat dalam penelitian seperti mendiskripsikan data dengan cara analisis.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil Penelitian

Menjabarkan hasil temuan dilapangan secara rinci saat penelitian ini dilakukan.

Pembahasan

Hasil penelitian yang telah dilakukan dibahas untuk dianalisis hasil penelitian tersebut seusuai tujuan dari penelitian dan menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini.

BAB V PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan merupakan hasil akhir sebuah penelitian dalam bentuk deskripsikan secara ringkas dan jelas.

Saran

Pendapat yang dibuat untuk dikemukakan sebagai bahan pertimbangkan dengan harapan dapat memberikan perbaikan yang membangun dan bersifat positif

Advertisements