Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL)

Pengertian AMDAL

AMDAL memiliki posisi sebagai pendekatan tingkat proyek dalam pengelolaan/manajemen lingkungan, namun bukan satu-satunya perangkat untuk mengantisipasi permasalahan lingkungan. Beberpaa definsi AMDAL:

  1. PP No. 4 tahun 1982 dan PP No. 51 tahun 1993, AMDAL adalah hasil studi emngenai dampak penting suatu kegiatan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan.
  2. UU No. 23 tahun 1997 dan PP No. 27 tahun 1999, AMDAL adalah kejian mengenai dampak besar dan  penting suatu usaha dan/atau kegiatan yangdirencanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.
  3. PP No. 27 Tahun 2012 tentang izin lingkungan dan PermenLH No. 05 Tahun 2012 tentang jenis rencana  usaha dan/atau kegiatan yang wajib memiliki analisis mengenai dampak lingkungan hidup, AMDAL adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan

Tujuan AMDAL

Tujuan AMDAL adalah menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan serta menekan pencemaran sehingga dampak negatifnya menjadi serendah mungkin. Dengan demikian tujuan AMDAL sebagai berikut:

  1.  AMDAL diperlukan untuk menunjang pembangunan yang berwawasan lingkungan.
  2. AMDAL berguna untuk mengurangi damapak negatif dan menyempurnakan dampak positif terhadap lingkungan.
  3. AMDAL merupakan perangkat yang sangat berguna bagi pemodal suatu usaha, pemerintah, dan masyarakat

Fungsi AMDAL

Manfaat AMDAL

Tahap Penyusunan AMDAL