Klasifikasi Sumberdaya Alam

Pengertian Sumberdaya Alam

Pengertian sumberdaya alam menurut para ahli:

  • Soerianegara (1977) mendefinisikan sumberdaya alam sebagai unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup
  • Menurut Isard (1972 dalam Soerianegara, 1977) sumberdaya alam sebagai
    keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia
    untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya

Jadi yang dimaksud dengan sumberdaya alam adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan alam baik fisik maupun hayati yang dapat dimanfaatkan oleh manusia guna memenuhi kebutuhan hidupnya agar lebih sejahtera.

Klasifikasi Sumberdaya Alam

1). Sumberdaya alam nonhayati (abiotik): disebut juga sumberdaya alam fisik, yaitu sumberdaya alam berupa benda-benda mati. Misalnya bahan tambang, tanah, air, dan kincir angin.

2). Sumberdaya alam hayati (biotik): merupakan sumberdaya alam berupa makhluk hidup. Sumberdaya alam tumbuh-tumbuhan disebut sumberdaya alam nabati, sedangkan sumberdaya alam hewan disebut sumberdaya alam hewani. Misalnya hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.

Advertisements

1). Sumberdaya alam yang dapat diperbaharui (Renewable Resources) Disebut sumberdaya alam yang dapat diperbaharui, karena alam mampu mengadakan pembentukan baru dalam waktu relatif cepat. Dengan demikian, sumberdaya alam ini tidak dapat habis. Pembaharuan bisa terjadi dengan dua jalan, yaitu secara reproduksi atau dengan adanya siklus.

2). Sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui (Unrenewable Resources) sumber daya yang jika habis, maka tidak dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang singkat, bahkan perlu menghabiskan jutaan tahun lamanya. Contoh dari SDA ini ialah barang-barang hasil tambang seperti minyak bumi dan batu bara.