Potensi dan Persebaran Sumberdaya Kehutanan

Sumberdaya Kehutanan

Hutan merupakan sumbedaya alam alam yang dapat diperbaharui (renewable resources ) merupakan ekosistem alam yang dapat melakukan melakukan keseimbangan secara alami antara produsen, konsumen dan decompocer, sehingga ekosistem hutan dapat bersifat homeostattis. Akan tetapi dengan kemajuan teknologi dan pertambahan pendududk secara tidak terkontrol sehingga ekosistem hutan banyak mengalami gangguan. Dengan demikian perlu upaya pengelolaan hutan secara berkesinambungan.

Sumberdaya Kehutanan Indonesia memiliki Potensi dan Persebaran sebagai berikut:

Kayu

Hutan di Indonesia memiliki tumbuhan yang beraneka ragam, terutama pohon. Secara keseluruhan, di Indonesia memiliki sekitar 400 jenis tumbuhan, 250 – 300 jenis di antaranya adalah tumbuhan berbunga, yang merupakan 10 % dari seluruh tumbuhan berbunga di dunia. Lebih dari 250 jenis kayu tersebut merupakan kayu dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Advertisements

Non Kayu

Kayu merupakan hasil utama hutan di Indonesia, tetapi ada juga potensi lain dari hutan yang tak kalah bermanfaat. Beberapa hasil hutan non kayu yang bernilai ekonomi adalah madu, buah-buahan, jamur, damar, rotan, sagu, sutarea, kapur barus, kemenyan, gambir, kulit pohon bakau, gondorukem, bambu, suaka alam, minyak kayu putih, dan lain sebagainya.