Bonus Demografi

Pengertian Bonus Demografi

Bonus demografi merupakan suatu fenomena di mana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangunan karena jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) sangat besar, sedang proporsi usia muda (di bawah 15 tahun) sudah semakin kecil dan proporsi usia lanjut (65 tahun ke atas) belum banyak. Banyak kalangan yang menyatakan bahwa Bonus Demografi adalah saat keemasan bangsa Indonesia untuk menjadi negara besar yang maju dalam pembangunan.

 

Persentase sebuah bonus demografi yaitu terdapat lebih dari 70% penduduk ada dalam usia produktif (15-64).

Grafik Penduduk Indonesia menurut Usia hasil sensus 2020

Dampak Bonus Demografi

Adapun beberapa dampak positif yang dapat diperoleh bagi bangsa Indonesia apabila dapat mengelola bonus demografi dengan baik, diantaranya:

1) JumlahTenaga Kerja Melimpah

Jumlah penduduk usia kerja yang banyak akan menguntungkan dari sisi pembangunan karenatenaga kerja yang tersedia melimpah sehingga dapat memacu produktivitas pertumbuhan ekonomi bangsa. Impasnya adalah meningkatkannya kesejahteraan masyarakat.


2) Terbentuknya Generasi Emas yang Aktif Berkarya

Bonus demografi yang dikelola dengan baik dapat menghasilkan generasi emas yang aktif berkarya, siap memikul tanggung jawab bangsa, mengabdi dan berkorban pada bangsa, serta bersedia membangun dan mengelola bangsa. Jika hal tersebut tercapai maka produktivitas bangsadapat meningkat.


3) Tingkat Produktivitas Tinggi yang Memicu Peningkatan Perekonomian Indonesia

Jika tingkat produktivitas tinggi maka perekonomian Indonesiaakan meningkat. Meningkatnya laju perekonomian Indonesiaakan berpengaruh besar terhadap kehidupan bebangsa dan bernegara untuk menjadi lebih modern,tertata,serta menjadi lebih baik lagi.


4) Peningkatan Kualitas dan Pemerataan Pendidikan

Jika perekonomian bangsa dapat berjalan dengan baik maka kualitas dan pemerataan pendidikan akan semakin meningkat.


5) Kesehatan Meningkat

Jika perekonomian semakin maju, maka kondisi kesehatan masyarakat Indonesiapun akan terjamin karena segala fasilias kesehatan dapat terpenuhi dengan baik.


6) Rakyat Sejahtera

Jika kondisi perekonomian semakin baik maka Indonesiaakan menghasilkan generasi baru yang lebih baik dan lebih berkualitas (SDM yang lebih baik dan berkualitas) sehingga negarapun menjadi semakin maju dan makmur disertai dengan kesejahteraan masyarakat yang meningkat.


7) Siap Bersaing dalam Dunia Internasional

Roda perekonomian yang terus berjalan dan tumbuh dengan pesat serta sumber daya manusia yang mendukung dapat membantu bangsa Indonesia untuk siap bersaing dalam dunia internasional.

 

Berikut dampak negatif ancaman yang dapat ditimbulkan jika bonus demografi tidak dapat dikelola dengan baik:
1) Semakin Sempitnya Lapangan Pekerjaan

Masalah yang paling nyata pada saat terjadi bonus demografi adalah ketersedian lapangan pekerjaan

2) Pengangguran Semakin Banyak

Pengangguran secara besar-besaran sangat mungkin terjadi mengingat bonus demografi adalah keadaan dimana berlimpahnya jumlah penduduk usia produktif/usia kerja

3) Pendapatan Menurun dan Kemiskinan Meningkat

Jika ketersediaan lapangan pekerjaan tidak mencukupi dan pengangguran meningkat, maka pendapatan suatu negara akan menurun yang diiringi oleh meningkatnya angka kemiskinan.

4) Pendidikan Rendah akibat Perekonomian Rendah Menyebabkan SDM Rendah

Sekarang ini banyak anak-anak di Indonesia yang mendapatkan pendidikan dalam kuota yang cukup minim bahkan banyak pula yang sama sekali tidak mendapat pendidikan. Kasus tersebut umumnya terjadi di daerah-daerah pelosok atau pedesaan.

5) Produktivitas Menurun

Ancaman yang satu ini berhubungan langsung dengan dua ancaman sebelumnya.Bagaimana tidak?Ketika banyak pengangguran dan orang-orang berpendidikan rendah maka sangat mungkin produktivitas nasional menurun. Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi apabila masalah pengangguran serta pendidikan rendah mampu ditanggulangi. Namun pemerintah juga perlu melakukan penyuluhan, sosialisasi, serta pelatihan guna meningkatkan sikap dan sifat produktif dalam diri masyarakat.

6) Perekonomian yang Memburuk

Jika banyak penduduk usia produktif yang menganggur secara otomatif pendapatan negarapun semakin menurun. Hal tersebut dapat menyebabkan semakin memburuknya perekonomian Negara.

7) Kurangnya Lahan Tempat Tinggal Akibat Pertambahan Penduduk Yang Tidak Terkendali.


8) Timbulnya Kawasan-Kawasan Slum Area Akibat Kemiskinan Yang Menjamur.


9) Kriminalitas Meningkat akibat Pengangguran yang Meningkat.

Advertisements

10)KualitasKesehatan Penduduk Menurun jika Pemerintah tidak
Mampu Menyediakan Pelayanan Kesehatan yang Memadai

KERJAKAN LKPD MATERI BONUS DEMOGRAFI DENGAN KLIK TAUTAN DIBAWAH INI!

LKPD KELAS 11 MATERI BONUS DEMOGRAFI

Kependudukan di indonesia, an interactive worksheet by rifky_pongkor liveworksheets.com