Komposisi, Kepadatan, Proyeksi dan Piramida Penduduk

Komposisi Penduduk

Komposisi penduduk adalah pengelompokkan penduduk atas dasar kriteria tertentu. Komposisi penduduk mengklasifikasikan penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin tertentu. Komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin adalah pengelompokan penduduk menurut jenis kelaminnya. Sedangkan komposisi penduduk berdasarkan umur adalah pengelompokan penduduk berdasarkan umur tunggal (single age group) dan umur lima tahunan (five years age group). Pengelompokkan umur tergantung pada kebutuhan analisis 

Rasio jenis kelamin adalah perbandingan banyaknya penduduk lakilaki dengan banyaknya penduduk perempuan pada suatu daerah dan waktu tertentu. Biasanya dinyatakan dalam banyaknya penduduk laki-laki per 100 perempuan.

Angka beban tanggungan atau angka ketergantungan adalah angka yang menyatakan perbandingan antara banyaknya orang yang tidak produktif (umur di bawah 15 tahun dan 65 tahun ke atas) dengan banyaknya orang yang termasuk usia produktif (umur 15 – 64 tahun).

Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk adalah perbandingan antara jumlah penduduk dan luas daerah yang ditempati.

Jenis Kepadatan Penduduk Sebagai Berikut:

.Kepadatan Fisiologis (Physiological Density), yang menyatakan banyaknya penduduk untuk setiap kilometer persegi wilayah lahan yang ditanami (cultivable land).

Kepadatan Agraris (Agriculture Density), menunjukkan banyaknya penduduk petani untuk setiap kilometer persegi wilayah cultivable land. Ukuran ini menggambarkan intensitas pertanian dari petani terhadap lahan yang mencerminkan efisiensi teknologi pertanian dan intensitas tenaga kerja pertanian

Kepadatan Penduduk Kasar (Crude Population Density), yaitu menunjukkan banyaknya jumlah penduduk untuk setiap kilometer persegi luas wilayah

Proyeksi Penduduk

Proyeksi penduduk bukan merupakan ramalan jumlah penduduk tetapi suatu perhitungan ilmiah yang didasarkan pada asumsi dari komponen-komponen laju pertumbuhan penduduk, yaitu kelahiran, kematian dan perpindahan (migrasi).

Advertisements

Piramida Penduduk

Piramida penduduk adalah komposisi penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin. dua diagram batang, pada satu sisi menunjukkan jumlah penduduk.

 

Jenis Piramida Penduduk sebagai Berikut:

PIRAMIDA PENDUDUK INDONESIA SENSUS 2020

SILAHKAN KERJAKAN ELKPD MATERI KOMPOSISI, KEPADATAN, PROYEKSI, DAN PIRAMIDA PENDUDUK DENGAN KLIK TAUTAN DIBAWAH INI

LATIHAN SOAL MATERI KOMPOSISI, KEPADATAN, PROYEKSI, DAN PIRAMIDA PENDUDUK DENGAN KLIK GAMBAR BERIKUT!