Mobilitas Penduduk

Pengertian Mobilitas Penduduk

Mobilitas penduduk merupakan gerak penduduk yang melewati batas wilayah dan dalamperiode waktu tertentu. Batas wilayah tersebut umumnya digunakan batas administrasi seperti batas negara, propinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa, dan dusun. Mobilitas berkaitan dengan move yang berarti bergerak. Mobilitas penduduk merupakan perpindahan yang tidak disertai dengan unsur niatan untuk menetap di daerah tujuan. 

Mobilitas dapat dibedakan antara mobiltas horizontal dan mobilitas vertikal. Mobilitas vertikal sening disebut perubahan status pekerjaan. Misalnya seseorang yang sebelumnya bekerja di sektor pertanian sekarang bekerja di bidang non pertanian. Mobilitas horizontal sering disebut dengan istilah mobilitas geografis, adalah gerak (movement) yang melewati batas wilayah menuju wilayah yang lain pada periode waktu tertentu

Jenis Migrasi Internasional

Imigrasi adalah masuknya penduduk suatu negara ke negara kita baik untuk maksud berkunjung, bekerja ataupun kepentingan lain dalam waktu tertentu (lebih dari 6 bulan) atau untuk selamanya.Contoh: Orang Inggris menikah dengan orang Indonesia kemudian menetap di Indonesia. Imigrasi dalam jumlah besar biasanya disebabkan oleh konflik di suatu negara.

Emigrasi adalah perpindahan penduduk dari negara kita ke negara lain dengan tujuan untuk menetap selamanya atau bekerja(lebih dari 6 bulan). Contoh: perginya orang Indonesia (TKI) ke timur tengah untuk bekerja dan menetap disana.

Remigrasi merupakan kembalinya penduduk dari suatu negara ke negara asalnya.Contoh: Orang Indonesia yang kembali ke Indonesia setelah lama bekerja di Malaysia.

Jenis Migrasi Nasional

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota atau kota kecil ke kota besar. Orang yang melalukan urbanisasi disebut urban.

Ruralisasi adalah pergeseran penduduk dari kota ke desa. Artinya, ada penguatan demografis di pedesaan. Penduduk yang kuat di wilayah desa membuat fundamental ekonomi di wilayah rural atau pinggiran juga menjadi kuat

Transmigrasi jenis ini merupakan transmigrasi yang dilakukan dengan biaya sendiri, namun berdasarkan bimbingan dan juga fasilitas yang diberikan oleh pemerintah.

Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah padat pendudukmenuju daerah jarang penduduk yang ditetapkan di dalam wilayah Republik Indonesia

Transmigrasi Khusus, adalah perpindahan penduduk dari wilayah padat ke wilayah dengan penduduk jarang untuk tujuan khusus atau tertentu. Tujuan utama dari transmigrasi ini adalah untuk kepentingan pembangunan nasional.

Advertisements

Transmigrasi umum merupakan jenis transmigrasi yang dilakukan karena adanya faktor-faktor pendorong yang berasal dari daerah asal.

KERJAKAN LKPD MATERI MOBILITAS PENDUDUK DENGAN KLIK TAUTAN DIBAWAH INI!

LKPD KELAS 11 MATERI MOBILITAS PENDUDUK

Kependudukan, an interactive worksheet by rifky_pongkor liveworksheets.com