Potensi dan Persebaran Sumberdaya Bahan Industri

Potensi Bahan Industri

Potensi bahan industri yang dimiliki Indonesia yaitu bahan dari pertanian, perkebunan, tambang dan Hutan.

Pertanian

Kedelai banyak dibudidayakan pada lahan yang berupa ladang, tegalan, dan sawah tadah hujan. Penghasil kedelai di Indonesia adalah Jateng, Jatim, NTT, dan Lampung. Dari segi gizi, ternyata kedelai merupakan
sumber gizi yang baik sekali bagi manusia. Kedelai utuh mengandung 35- 38% protein, yang tertinggi dari segala nilai kacang-kacangan tradisional lainnya. Manfaat lain kedelai adalah sebagai berikut:
1) Sebagai bahan baku pembuatan kecap, tempe, tahu, dan susu kedelai.
2) Sebagai komoditi ekspor nonmigas Salah satu manfaat kedelai dalam bidang industri yaitu sebagai bahan bagu pembuatan kecap.

Kacang tanah banyak dibudidayakan di daerah tegalan dan sawah tadah hujan. Daerah penghasil kacang tanah di Indonesia adalah Jawa dan Sulawesi Selatan. Kegunaan kacang tanah adalah sebagai berikut:
1) Sebagai bahan baku industri minyak goring
2) Sebagai bahan baku industri makanan

Perkebunan

Tebu di Indonesia banyak ditanam di daerah Pasuruan, Besuki, Banyumas, Yogyakarta, Kedu, Karanganyar, Kediri, Sulawesi Selatan. ebu digunakan sebagai bahan baku gula. Ampas berupa batang tebu yang kering digunakan sebagai bahan pembuatan kertas. Cara pengolahan tebu adalah setelah dipanen, tebu dibawa ke pabrik dan langsung dipres sampai keluar airnya. Air tebu dimasak sehingga sebagian airnya menguap dan terbentuklah endapan gula yang kental. Apabila dipanaskan terus, gula tersebut akan membentuk bongkahan dan kering. Kemudian dimasukkan ke dalam mesin pengkristal sehingga gula tersebut akan pecah dengan sendirinya menjadi Kristal-kristal kecil seperti kubus. Gula tersebut berwarna putih kekuningan. Untuk menjadikan gula purih bersih dengan cara diasapi dengan asap belerang

Daerah persebaran karet di Indonesia meliputi: Jatim, Jabar, Langkat, Deli Serdang, Kisaran, Lampung, dan Nangroe Aceh Darussalam. Pemanfaatan karet terkait dengan mobilitas manusia dan barang yang memerlukan komponen yang terbuat dari karet seperti ban kendaraan, conveyor belt, sabuk transmisi, dock fender, sepatu dan sandal karet.

Kelapa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng, margarin, dan santan. Daerah persebaran tanaman kelapa di Indonesia adalah Minahasa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Kelapa sawit digunakan sebagai bahan pembuatan minyak goreng. Daerah penghasil kelapa sawit di Indonesia berada di Sumatra Utara, Aceh, Riau, Jambi, Lampung, Bengkulu, Sumatra Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Irian. 

Tanaman kopi berasal dari Arabia dan Etiopia. Jenis tanaman kopi mencakup Kopi Arabika, Kopi Liberika (dari Angola), dan Kopi Robusta (dari Etiopia). Kopi yang ditanam di Indonesia umumnya berasal dari Robusta yang tumbuh di daerah dengan ketinggian 0-1.000 m. Perkebunan kopi terdapat di Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, Bengkulu, dan Palembang, Minahasa, dan Toraja. Saat ini, luas perkebunan kopi di Indonesia mencapai kurang lebih 1.042.141 hektare . Setiap tahun Indonesia mengekspor 370.000 ton kopi

Tanaman teh ditanam pertama kali di Indonesia pada tahun 1828 di Bogor dan dibawa oleh Jacobson. Daerah persebaran teh di Indonesia meliputi Sukabumi, Garut, Wonosobo, Ambarawa, Bengkulu, Pematang Siantar, dan Sumatera Barat. Indonesia merencanakan 80% hasil teh dipasarkan ke luar negeri dan sisanya untuk keperluan dalam negeri. Daerah pemasaran teh ialah Singapura, Pakistan, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, dan Jerman. Saat ini negara pengimpor teh Indonesia adalah Pakistan, yaitu sebesar 26,7 ribu metrik ton senilai US$ 29,9 juta. 

Cengkeh merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh subur di Kepulauan Maluku. Pada mulanya, bangsa Baraf (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) datang ke Indonesia untuk memperoleh rempahrempah. Daerah persebaran cengkeh di Indonesia meliputi Aceh, Sumut, Sumbar, Bengkulu, Lampung, Jabar, Jateng, Jatim, Sulut, Sulsel, Bali, Maluku. Pada saat ini cengkeh digunakan sebagai bahan makanan sekaligus bahan tambahan industri parfum.

Biji Kakao adalah bahan utama pembuatan bubuk kakao (coklat), bubuk kakao adalah bahan dalam pembuatan kue, es krim, makanan ringan, susu, dan lain-lain. Dalam bahasa keseharian masyarakat kita menyebutnya coklat. Karakter rasa coklat adalah gurih, dengan aroma yang khas sehingga disukai banyak orang khususnya anak-anak dan remaja. Daerah penghasil cokelat di Indonesia terdapat di Jawa Tengah (Semarang, Pekalongan), Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.

Lada merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia dan lebih dari 80% hasil lada Indonesia diekspor ke negara luar. Lada banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur yang sekarang sudah dimanfaatkan dari sektor industri. Persebaran tanaman ini di Indonesia ada di Sumatera Selatan, Lampung, Bangka, dan Belitung. Salah satu hasil industri lada adalah ladaku yang diproduksi oleh PT Motasa Indonesia.

Produksi tembakau di Indonesia cukup melimpah. Kawasan yang menghasilkan tembakau adalah Bojonegoro, Deli Serdang, Langkat, Garut, Pemalang, Karanganyar, Temanggung, DIY, Jember, Kediri, Mojokerto, Bondowoso, Klaten, dan Medan. Tembakau merupakan bahan baku dari rokok. Rokok merupakan penyumbang devisa tertinggi di Indonesia.

Hutan

a. Jati
Persebaran hutan jati di nusantara meliputi beberapa daerah seperti Pulau Jawa, Nusa Tenggara dan Bali. Di Pulau Jawa sendiri, persebaran jati paling banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur

b. Meranti
Kayu meranti terkenal di kalangan pertukangan dan perdagangan kayu. Persebarannya meliputi hutan- hutan di Pulau Kalimantan dan Sumatera

c. Cendana
Kayu cendana dihasilkan dari pohon dengan nama latin Santalum album yang ditemukan di Nusa Tenggara Timur

d. Akasia
Akasia memiliki nama latin Acacia mangium. Kayu akasia banyak ditemukan di hutan- hutan Jawa Barat

a. Rotan
Rotan adalah hasil hutan yang berada pada urutan kedua setelah kayu. Batang rotan mempunyai panjang puluhan meter dan banyak dimanfaatkan untuk membuat interior rumah. Sebelum diolah, rotan harus dibersihkan terlebih dahulu karena rotan mempunyai pelepah yang berduri. Sebagian besar rotan di Indonesia dihasilkan dari hutan yang berada di daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara.

Advertisements

b. Damar
Damar merupakan hasil hutan berupa getah kayu, yang banyak ditemukan di hutan Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Tambang

Potensi dan Perbaran Bahan Industri yang bersumber dari tambang dapat klik tombol berikut: