Potensi dan Persebaran Sumberdaya Perikanan

Sumberdaya Perikanan

Perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan yang dikhususkan pada ikan. Dalam UU No. 45 tahun 2009 disebutkan bahwa perikanan adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya ikan dan lingkungannya mulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan proses pemasaran yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan.

Perikanan yang dikembangkan Indonesia

Usaha perikanan tangkap merupakan sebuah kegiatan usaha yang berfokus pada produksi ikan melalui cara penangkapan ikan yang berasal dari sungai, danau, muara sungai, waduk, rawa (perairan darat) dan laut lepas (perairan laut).

Advertisements

Bidang usaha perikanan budidaya atau yang disebut sebagai akuakultur merupakan sebuah kegiatan usaha dengan tujuan guna memproduksi ikan di dalam sebuah wadah atau tempat pemeliharaan. Dimana kondisi dari tempat pembudidayaan tersebut terkontrol dan berorientasi pada keuntungan. Contoh dari usaha perikanan budidaya ini antara lain meliputi budaya ikan lele, budidaya ikan nila, budidaya ikan gurami, budidaya ikan patin, budidaya ikan hias, dan lain sebagainya.

Usaha perikanan pengolahan ini sendiri merupakan sebuah kegiatan usaha perikanan dengan tujuan utama meningkatkan nilai tambah yang sudah dimiliki oleh sebuah produk perikanan. Baik itu yang berasal dari bidang usaha perikanan budidaya atau akuakultur maupun usaha perikanan tangkap. Contohnya seperti pembuatan nugget berbahan dasar ikan, pengolahan kerupuk ikan, pembuatan bakso ikan, dan lain sebagainya 

Potensi dan Persebaran Perikanan