Potensi dan Persebaran Sumberdaya Peternakan

Sumberdaya Peternakan

Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Pengertian peternakan tidak terbatas pada pemeliharaan saja, memelihara dan berternak memiliki perbedaan yang terletak pada tujuan yang ditetapkan. Tujuan peternakan adalah mencari keungtungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal.

Peternakan yang di Kembangkan Indonesia

Binatang yang termasuk jenis ternak besar adalah sapi, kerbau, dan kuda. Binatang itu pada mulanya dimanfaatkan untuk keperluan pertanian, misalnya kerbau dimanfaatkan untuk menarik bajak di sawah. Sapi memegang peranan penting untuk keperluan pengangkutan, terutama di daerah-daerah, misalnya untuk mengangkut barang-barang hasil pertanian dari daerah ke kota.

Advertisements

Jenis ternak kecil adalah kambing, domba, dan babi. Ternak kambing banyak sekali ditemukan di Jawa dan Madura. Kambing memiliki peran penting di masyarakat yaitu sebagai bahan olahan pangan. Ternak kecil berarti peternakan yang diusahakan dengan memelihara hewan yang berukuran kecil. Manfaat yang diambil dari ternak kecil adalah susu, daging, dan kulitnya.

Ternak unggas adalah peternakan yang diusahakan dengan memelihara hewan bersayap atau sebangsa burung. Hewan yang digolongkan ke dalam ternak unggas, yaitu ayam, itik (bebek), angsa, entog, dan burung puyuh. Manfaat beternak hewan-hewan unggas adalah untuk diambil daging, telur, bulu, atau sebagai penghibur untuk dinikmati suaranya atau keindahannya.

Potensi dan Persebaran Peternakan