Pembentukan Kebudayaan Nasional

Kebudayaan atau culture adalah keseluruhan pemikiran dan benda yang dibuat atau diciptakan oleh manusia dalam perkembangan sejarahnya. Bertitik tolak dari pemahaman tersebut, konsep kebudayaan Indonesia dibangun oleh para pendahulu kita. Konsep kebudayaan Indonesia disini mengacu kepada nilai-nilai yang dipahami, dianut, dan dipedomani bersama oleh bangsa Indonesia.

1. Pengertian Kebudayaan Nasional

Kebudayaan nasional adalah suatu kebudayaan yang mampu memberi makna bagi kehidupan berbangsa dan berkepribadian, akan dapat dibanggakan sebagai identitas nasional. Bangsa Indonesia adalah masyarakat yang terdiri dari beranekaragam suku bangsa yang memiliki adat istiadat yang berbeda-beda.

Keseluruhan proses dan hasil interaksi antar kebudayaan yang hidup dan berkembang di indonesia.

Faktor Pembentukan Kebudayaan Nasional

Rasa persatuan antara suku bangsa

Faktor Negara kepulauan menyebabkan masyarakat indonesia memiliki kebudayaan sendiri karena terpisah tiap pulau

1. Pengaruh Hidu-Budha

Pengaruh yang pertama kali menyentuh masyarakat Indonesia berupa pengaruh kebudayaan Hindu dan Budha dari India sejak 400 tahun sebelum masehi.

2. Pengaruh Islam

Pengaruh kebudayaan Islam mulai memasuki masyatrakat Indonesia sejak abad ke 13, akan tetapi baru benar-benar mengalami proses penyebaran yang meluas sepanjang abad ke 15.

3. Pengaruh Barat (Khatolik/Kristen)

Pengaruh kebudayaan Barat mulai memasuki masyarakat Indonesia melalui kedatangan bangsa Portugis pada permulaan abad ke 16, kedatangan mereka ke tanah Indonesia ini karena tertarik dengan kekayaan alam berupa rempah-rempah.

2. Unsur Kebudayaan Nasional

1. Bahasa

Bahasa merupakan alat pengantar dalam berkomunikasi. Perbedaan pada setiap wilayah di Indonesia berbeda-beda, ditentukan oleh adat-istiadat, wilayah, dan demografi. Contoh: penduduk yang tinggal di wilayah pesisir, pegunungan, dan perkotaan memiliki perbedaan tutur kata karena pengaruh letak wilayah.

2. Sistem pengetahuan

Pengetahuan sangat berguna untuk melahirkan ide-ide yang baru dan kreatif. Tanpa ada pengetahuan maka pengetahuan tidak akan tercipta, apalagi berkembang.

Sistem pengetahuan dibutuhkan dalam kebudayaan untuk memenuhi rasa ingin tahu manusia terhadap suatu hal. Ilmu ada bermacam-macam dan memiliki peran tersendiri di setiap bidangnya.

3. Organisasi sosial

Manusia membutuhkan manusia lain dalam hidupnya. Maka, organisasi muncul untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial.

Sitem organisasi sosial masih di gunakan manusia hingga sampai sekarang untuk bersosialisasi dan menjalin hubungan.

4. Peralatan hidup dan teknologi.

Manusia mengembangkan peralatan hidup dan teknologi untuk dapat menyiasati lingkungan tempat tinggalnya. Contoh: masyarakat petani dan peladang membuat alat-alat pertanian untuk dapat membantu mereka dalam bercocok tanam.

 

Peralatan dan perlengkapan manusia berupa alat-alat produksi, wajah, senjata, makanan, minuman, pakaian, rumah, dan transportasi yang senantiasa berkembang ke arah teknologi.

5. Mata pencaharian

Manusia membutuhkan mata pencaharian untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Segala usaha atau upaya manusia untuk mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan

6. Sistem religi

Sistem religi muncul untuk memenuhi kebutuhan manusia terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa. Manusia sadar terdapat zat yang menguasai seluruh bumi dan alam semesta.

Keyakinan dan praktek keagamaan yang berhubungan dangan Tuhan YME

7. Kesenian

Manusia tidak hanya memerlukan kebutuhan fisik, tetapi juga memerlukan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan psikisnya. Oleh karena itu manusia menciptakan kesenian yang dapat dirasa dan didengar.

Kesenian dapat diartikan sebagai segala hasrat manusia terhadap keindahan atau estetika.

Advertisements

VIDEO INTERAKTIF MATERI PEMBENTUKAN KEBUDAYAAN NASIONAL

VIDEO INTERAKTIF MATERI PEMBENTUKAN KEBUDAYAAN NASIONAL

Video Interaktif Berisikan materi serta latihan soal didalam video dengan berbagai jenis pengerjaan soal Berikut Video Interaktif yang dapat dicoba untuk belajar materi dan latihan!

KERJAKAN LKPD MATERI PEMBENTUKAN KEBUDAYAAN NASIONAL DENGAN KLIK TAUTAN DIBAWAH INI!

LKPD KELAS 11 MATERI PEMBENTUKAN KEBUDAYAAN NASIONAL

Keragaman Kebudayaan Indonesia, an interactive worksheet by rifky_pongkor liveworksheets.com