Pertumbuhan Wilayah

Advertisements

Pertumbuhan Wilayah

Pertumbuhan wilayah adalah kawasan yang terdapat pertumbuhan yang sangat pesat karena kepesatannya sehingga dijadikan sebagai pusat pembangunan yang dapat mempengaruhi wilayah wilayah yang ada disekitarnya.

Pengertian Pertumbuhan Wilayah

Kawasan yang terdapat pertumbuhan yang sangat pesat karena kepesatannya sehingga di jadikan sebagai pusat pembangunan yang dapat mempengaruhi wilayah wilayah yang ada di sekitarnya.

Pengertian Pertumbuhan Wilayah

Faktor Pertumbuahan Wilayah

Sumber Daya Alam

Pengolahan sumber daya alam yang optimal akan meningkatkan kegiatan ekonomi, memperluas lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan daerah.

Advertisements
Sumber Daya Alam

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah seluruh kemampuan atau potensi penduduk yang berada di dalam suatu wilayah tertentu beserta karakteristik atau ciri demografis, sosial maupun ekonominya yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembangunan.

Sumber Daya Manusia

Kondisi Fisiografis

Fisiografi adalah cabang ilmu Geografi yang memelajari tentang suatu wilayah, daerah atau negara berdasarkan segi fisiknya, seperti garis lintang dan garis bujur, keterkaitannya dengan daerah lain, tentang batuan yang ada dalam bumi, relief permukaan bumi, atau aspek kelautan.

Kondisi Fisiografis

Teknologi

Pemakaian sebuah teknologi tepat guna mampu membuat suatu wilayah akan menjadi pusat pertumbuhan, teknologi akan mempercepat pertumbuhan ekonomi karena kemudahan dan keefektifannya.

Advertisements
Teknologi

Teori Pertumbuhan Wilayah

Teori Pertumbuhan Wilayah yaitu Pertumbuhan terjadi pada suatu wilayah, yang menurut para ahli dianggap wilayah adalah suatu organisme yang hidup dan secara alami akan berkembang. Perkembangan wilayah ini dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal

Teori Tempat Sentral

Teori tempat central adalah sebuah teori dari Central Place theory dan ditemukan oleh Walter Christaller pada 1933.

Jangkauan (Range) Dan Ambang (Treshold)

  • Range adalah jarak yang perlu ditempuh manusia untuk mendapatkan barang kebutuhannya pada suatu waktu tertentu saja.
  • Treshold adalah jumlah minimal penduduk yang diperlukan untuk kelancaran dan keseimbangan suplai barang.
  • Treshold Tinggi adalah barang kebutuhan yang memiliki risiko kerugian besar karena jenis barang atau jasa yangdi ua adalah baran-barang mewah.
  • Treshold Rendah adalah barang kebutuhan yang memiliki risiko kecil atau tidak memerlukan konsumen terlalu banyak agar barang tersebut terjual, karena penduduk memang membutuhkannya setiap hari.
Teori Tempat Sentral

Syarat Penerapan Teori Tempat Sentral

Teori Ini Berlaku Jika Memenuhi Syarat-Syarat Berikut:

  1. Wilayahnya dalam satu daratan, datar, dan tidak berbukit
  2. Tingkat ekonomi dan daya beli produk relatif sama
  3. Penduduk memiliki kesempatan yang sama untuk bergerak ke berbagai arah.
Syarat Penerapan Teori Tempat Sentral

Jenis Hierarki Teori Tempat Sentral

Secara hierarki Central Place Theory dibagi menjadi 3 tingkatan pelayanan:

  1. Hierarki K 3 Merupakan pusat pelayanan pasar optimum dimana tempat sentral tersebut selalu menyediakan kebutuhan barang-barang pasar untuk daerah disekitarnya.
  2. Hierarki K 4 Merupakan pusat lalu lintas/transportasi maksimum dimana tempat sentral tersebut menyediakan sarana dan prasarana lalu-lintas yang optimal
  3. Hierarki K 7 Merupakan pusat pemerintahan optimum dimana tempat sentral tersebut merupakan sebuah pusat pemerintahan
Jenis Hierarki Teori Tempat Sentral

Teori Kutub Pertumbuhan

Teori ini menyatakan bahwa pembangunan kota atau wilayah di mana pun bukan merupakan suatu proses yang terjadi secara serentak, tetapi muncul di tempat-tempat tertentu dengan kecepatan dan intensitas yang berbeda-beda.

Tempat-tempat atau kawasan yang menjadi pusat pembangunan tersebut dinamakan pusat-pusat atau kutub-kutub pertumbuhan. Dari kutub-kutub tersebut selanjutnya proses pembangunan akan menyebar ke wilayah-wilayah lain di sekitarnya atau ke pusat-pusat yang lebih rendah.

Teori Kutub Pertumbuhan

Pusat Pertumbuhan

Pusat Pertumbuhan adalah suatu kawasan yang perkembangannya sangat pesat sehingga dapat di jadikan pusat pembangunan berkembangnya wilayah daerah-daerah disekitarnya.

Pusat Pertumbuhan

Faktor-Faktor Penentu Pusat Pertumbuhan Wilayah

Wilayah yang pinya fasilitas lengkap seperti jalan, trnsportasi umum, pusat niaga, pemukiman, jaringan listrik dan lainnya akan berpeluang cepat menjadi pusat pertumbuhan. Fasilitas tersebut merupakan modal utama dalam membangun sebuah daerah yang pesat.

Ciri-Ciri Pusat Pertumbuhan

Adanya Hubungan Internal Dan Beragam Aktifitas

Keterkaitan antara satu sektor dengan sektor lainnya akan membangun pertumbuhan sektor lainnya. Kota jadi semakin hidup dengan berjalannya berbagai aktifitas seperti perdagangan, wisata, bisnis, pendidikan, dan lainnya.

Adanya Hubungan Internal Dan Beragam Aktifitas

Adanya Efek Pengganda (Multiplier Efect)

Efek ini terjadi karena adanya kegiatan produksi yang meningkat. Penawaran akan barang dan jasa semakin tinggi sehingga kapasitas produksi diperbesar dan kadang sampai memacu pertumbuhan daerah belakang yang menjadi sumber bahan baku dan tenaga kerja

Adanya Efek Pengganda (Multiplier Efect)

Adanya Konsentrasi Geografis

Konsentrasi ini terjadi karena berkumpulnya titik-titik fasilitas penunjang di daerah tersebut. Orang akan datang ke sama belanja, sekolah, berwisata dan lainnya. Hari ini membuat kota semakin menarik untuk dikunjungi sehingga meningkatkan volume transaksi

Adanya Konsentrasi Geografis

Mendorong Ke Daerah Belakang

Pusat Pertumbuhan harus mendorong daerah belakang/penyuplai agar lebih maju. Hri ini akan menciptakan hubungan harmonis antar daerah sehingga mengurangi adanya ketimpangan wilayah. Bisa saja dengan adanya hubungan tersebut, nantinya daerah belakang tumbuh pesat mengimbangi pusat pertumbuhan yang sudah meleset jaug.

Mendorong Ke Daerah Belakang

Advertisements