Dampak Pasar Bebas terhadap Indonesia

Advertisements

Pasar Bebas dan Karakteristiknya

Pasar bebas (free market) adalah sistem ekonomi dengan kekuatan permintaan dan penawaran menggerakkan semua aktivitas ekonomi. bentuk sistem yang murni (laissez faire), peran pemerintah dalam perekonomian sangat minim. Sistem ekonomi, perusahaan dan properti  adalah milik perorangan atau entitas di sektor swasta.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik pasar bebas:

  1. Kepemilikan sumber daya ekonomi oleh pribadi dan sektor swasta 
  2. Pasar keuangan berkembang dalam bentuk lembaga keuangan yang maju dan efisien
  3. Kebebasan untuk berpartisipasi baik individu atau kelompok memproduksi atau mengkonsumsi produk
  4. Perdagangan oleh individu tanpa paksaan
  5. Persaingan dan mencegah praktik-praktik persaingan tidak sehat
  6. Insentif ekonomi mendorong individu untuk menjadi yang terbaik
  7. Tidak ada intervensi pemerintah

Dampak Pasar Bebas Bagi Indonesia

Pembentukan Undang-Undang tentang perdagangan bebas, seiring dengan perkembangan global dunia sekarang ini dimana era keterbukaan memaksa kita bangsa Indonesia untuk membuka diri dalam hal perdagangan. Oleh karena itu, Undang-Undang ini diperlukan dalam rangka melindungi setiap pengusaha yang ingin berusaha dalam sektor perdagangan internasional. UU no. 20 Tahun 2014 tentang Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian, mendefinisikan Standardisasi sebagai proses merencanakan, merumuskan, menetapkan, menerapkan, memberlakukan, memelihara, dan mengawasi Standar yang dilaksanakan secara tertib dan bekerja sama dengan semua Pemangku Kepentingan. Jadi hasil dari produk atau jasa harus memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

Advertisements

Secara kondisi geografis Indonesia memiliki peluang untuk bersaing dalam pasar bebas diantaranya:

  1. Posisi Indonesia yang sangat strategis karena dengan Negara Kepulauan akan dilalui barang dari jalur laut sehingga Indonesia dapat meningkatkan kualitas jasa agar para konsumen dipermudah dalam akses di perairan Indonesia.
  2. Sumberdaya alam yang melimpah yang mampu menjadi bahan dasar sebuah produk untuk dijual di pasar bebas.

Dari kondisi tersebut perlunya peningkatan kualitas manusia dimulai dari pendidikan dan kesehatan setelah Indonesia akan menjadi Negara yang mampu mengelola sumberdaya alam secara mandiri dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi untuk bersaing di pasar bebas.

Kebebasan beraktifitas dalam perdagangan internasional tentunya banyak dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif yang ditimbulkan.

Advertisements

Dampak Positif

Dampak positif yaitu diantaranya  Setiap individu bebas memiliki kekayaan dan sumber daya produksi, inisiatif dan kreatifitas masyarakat dapat dikembangkan, terjadi persaingan antar produsen untuk menghasilkan barang yang bermutu, efisiensi dan efektifitas tinggi karena tindakannya selalu didasarkan pada prinsip ekonomi.

Dampak Negatif

Dampak negatif yaitu diantaranya adanya eksploitasi terhadap masyarakat ekonomi lemah oleh pihak yang kuat ekonominya, menimbulkan terjadinya monopoli sehingga merugikan masyarakat, munculnya kesenjangan ekonomi antara golongan ekonomi kuat dengan golongan ekonomi lemah, perekonomian dapat dengan mudah menjadi tidak stabil.

LANGKAH YANG PERLU DILAKUKAN MASYARAKAT UNTUK MENGAHDAPI PASAR BEBAS

Menghadapi pasar bebas msayarakat Indonesia perlu dibekali sebuah keterampilan dalam pemasaran produk ke luar negeri beberapa yang bisa dilakukan dalam memasarkan produk agar mampu bersaing yaitu:

  1.  Melalukan pengiklanan di sosial media (facebook, twitter, instagram dan lain-lain).
  2.  Menggunakan Google Ad yaitu mengiklankan produk yang dimiliki seperti tampil di YouTube.
  3.  Website Multibahasa yaitu dengan memposting produk ke website ini dan akan diterjemahkan otomatis.
  4.  Marketplace Internasional yaitu penggunakan aplikasi penjualan internasional seperti Alibaba, Aliexpress, Amazon, Ebay dan OLX.

Beberapa cara tersebut dapat dilakukan oleh individu atau UMKM yang memiliki produk yang nantinya dijual ke luar negeri untuk bersaig di pasar bebas.

KERJAKAN LKPD MATERI DAMPAK PASAR BEBAS TERHADAP INDONESIA DENGAN KLIK TAUTAN DIBAWAH!


LKPD KELAS 12 MATERI DAMPAK PASAR BEBAS TERHADAP INDONESIA

Kerjasama Negara Maju dan Berkembang, an interactive worksheet by rifky_pongkor liveworksheets.com

Advertisements