Klasifikasi Wilayah

Advertisements

Pengertian Klasifikasi Wilayah

Klasifikasi wilayah merupakan usaha untuk menggolongkan wilayah secara sistematis ke dalam bagian-bagian tertentu. Di dalam penggolongan tersebut, perlu diperhatikan keseragaman sifat dan semua individu yang ada dalam wilayah yang bersangkutan. Bentuk Klasifikasi Wilayah di antaranya:

Core Region

Core region adalah wilayah inti yang umumnya terdiri dari dua atau lebih kota-kota besar. Inti wilayah yang biasanya berupa daerah metropolitan yang terdiri dari atas dua atau lebih kota yang berkelompokan.

Core Region

Development Axes

Development Axes, merupakan wilayah yang menghubungkan dua atau lebih wilayah. Resource Frontier Region, merupakan daerah yang sedang berkembang dan memiliki potensi untuk berkembang.

Advertisements
Development Axes

Resource Frointer Region

Resource Frontier Region, merupakan daerah yang sedang berkembang dan memiliki potensi untuk berkembang. Depresed Region, merupakan wilayah yang mengalami penurunan dari sisi ekonomi dan memiliki kesulitan berkembang. Special Problem Region, merupakan wilayah yang terletak pada lokasi dengan karakteristik khusus.

Resource Frointer Region

Depresed Region

Depressed region adalah wilayah yang sulit berkembang karena mengalami ketertinggalan akibat adanya tekanan dalam aspek sosial dan ekonomi.

Suatu daerah yang mengalami penurunan tingkat ekonominya dan daerahnya sulit untuk berkembang. Daerah ini biasanya tertekan secara social dan ekonomi sehingga cenderung menjadi daerah yang tertinggal dibandingkan dengan daerah lainnya.

Advertisements
Depresed Region

Special Problem Region

Special problem region adalah suatu daerah yang terletak pada lokasi yang khusus dengan karakteristik tertentu. Contohnya dengan perbatasan, daerah cagar purbakala, perumahan militer, dan lain sebagainya.

Special Problem Region
Advertisements