Metode Klasifikasi Wilayah

Advertisements

Metode Klasifikasi Wilayah

Proses penentuan suatu wilayah berdasarkan kriteria kualitas dan kuantitas melalui penggabungan atau penggolongan beberapa wilayah. Perwilayahan juga terdiri atas wilayah formal dan fungsional. Pewilayahan formal dapat ditentukan dari batas-batas di permukaan bumi untuk tujuan tertentu berdasarkan beberapa kriteria seperti administrasi, fisik, sosial, dan ekonomi. Sementara perwilayahan fungsional ditentukan berdasarkan hubungan titik-titik pertumbuhan di suatu wilayah dengan pusat pertumbuhan.

Metode Generalisasi (region generalization)

Generalisasi wilayah (region generalization) yaitu golongan beberapa wilayah ke dalam satu bagian wilayah dengan cara menghilangkan faktor-faktor tertentu yang dianggap kurang penting.

Indonesia terkenal sebagai wilayah yang beriklim tropis tetapi sebenarnya sebagian kecil wilayah indonesia ada yang beriklim sabana dan muson tropis sehingga lebih kering. Faktor iklim sabana dan muson tersebut dihilangkan untuk menonjolkan iklim tropis yang lebih dominan di indonesia atau di Generalisasi kan menjadi indonesia berikli  tropis.

Advertisements

Suatu proses atau usaha membagi permukaan bumi atau bagian permukaan bumi tertentu menjadi beberapa bagian. Generalisasi dilakukan dengan cara mengubah atau menghilangkan faktor-faktor tertentu yang dianggap kurang penting atau tidak relevan. Pengubahan atau penghilang itu dimaksudkan untuk menojolkan karakter-karakter tertentu.

Generalisasi (region generalization)

Metode Delimitasi

Delimitasi adalah cara atau metode dalam menenutukan batas terluar dari suatu wilayah, yang dimanfaatkan untuk tujuan tertentu. Generalisasi adalah penyemarataan yaitu membagi – bagi permukaan bumi menjadi beberapa bagian dengan menghilangkan beberapa faktor yang dianggap kurang penting. Metode Delimitasi terbagi menjadi 2 yaitu :

Delimitasi Wilayah

Delimitasi Kualitatif

Delimitasi kualitatif merupakan cara penentuan batas terluar suatu wilayah berdasarkan kenampakan-kenampakan yang dominan pada suatu tempat. Di dalam konsep ini, yang ditekankan bukan batas-batas wilayah, melainkan inti wilayah tersebut.

Advertisements
Delimitasi Kualitatif

Delimitasi Kuantitatif

Delimitasi Kuantitatif, merupakan penentuan batas terluar dari suatu wilayah dengan menggunakan parameter kuantitatif (angka). Data angka kemudian dituangkan dalam suatu peta yang akan memberikan gambaran mengenai pola persebaran data dan kaitannya dengan ruang.

  • Pembagian waktu karena letak wilayah berdasarkan angka kuantitatif garis bujur sehingga waktu indonesia terbagi menjadi 3
  • Pembagian iklim didasarkan pada garis lintang tertentu sehingga tiap wilayah memiliki tipe iklim berbeda tergantung posisi pada garis lintang
Delimitasi Kuantitatif
Advertisements